Beberapa Jenis Fitting Pipa dan Kegunaannya


Fitting pipa merupakan salah satu komponen penting dalam proses instalasi pemipaan pada hunian atau sumber air lainnya. Banyak sekali jenis fitting yang ada saat ini dan tentu saja setiap jenis berbeda mulai dari ukuran, bentuk, dan kegunaannya.

Jika kamu masih kurang pengetahuan soal segala komponen yang ada pada pempipaan, tidak ada salahnya untuk belajar mengenal macam-macam pipa dan beberapa jenis fitting yang akan kami bahas berikut ini.

1. Fitting Elbow

Fitting yang satu ini merupakan jenis yang membungkuk pada bagian sudut atau kurva sehingga membuat pipa menjadi lurus agar bisa memudahkan sambungan pada bagian sudut.

Sedangkan fungsi dari elbow sendiri adalah untuk mengubah arah aliran air, diameter pipa, atau membuat percabangan agar fluida (berupa gas, cairan atau plasma) sehingga mengalir dengan lancar.

Elbow ini juga dibagi menjadi beberapa jenis, tergantung pada kebutuhan konsumen mulai dari dimensi derajat maupun jenis dratnya, seperti elbow 45 derajat, elbow 90 derajat, elbow dengan drat luar atau dalam.

2. Fitting Reducer

Reducer memiliki peran yang sesuai dengan namanya, fungsinya untuk me-reduce atau mengurangi aliran fluida. Jadi yang dikurangi adalah ukuran pipanya saja dan yang dimaksud bukanlah valve-nya.

Jadi reducer ini akan bertugas untuk menggabungkan dari ukuran yang diameternya yang lebih besar ke yang kecil, atau sebaliknya. 

Pada bagian Fitting Reducer ini ada dua jenis dan keduanya memiliki peran masing-masing yaitu eccentrik reducer dan concentrik reducer.

3. Fitting Tee

Fitting tee berfungsi untuk membelokkan dan juga berguna untuk membagi aliran menjadi dua arah. Sesuai dengan namanya “T” maka fitting ini membentuk seperti huruf T yang memiliki tiga cabang yang dihasilkan berawal dari pipa lurus yang dibelokkan ke bagian kanan dan kiri.

Yang sering kita jumpai sih biasanya berbentuk T, namun ternyata ada juga jenis Tee  juga yang berbentuk Y dan disebut Y-Branch tetapi ada juga yang menyebutnya Tee.

4. Fitting Cap

Komponen fitting pipa ini punya fungsi untuk menghentikan aliran pada ujung pipa. Biasanya fitting pipa Cap ini langsung di las pada bagian pipa utama. 

Fitting Cap fungsinya sama dengan blind flange, penutup aliran fluida yang dapat di bongkar dan dilepas. Mengenai apa itu flange? kita sudah bahas pada artikel jenis-jenis flange.

Jadi untuk orang awam kemungkinan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajari dan mengingat nama dan jenis-jenis pada komponen system pemipaan. Terutama untuk mengetahui fungsi dan kegunaannya dari tiap-tiap jenisnya.

Nah itu dia pembahasan kali ini mengenai jenis-jenis sambungan pipa beserta fungsinya yang mungkin belum kamu ketahui. Ada ide menarik juga nih untuk kamu yang dirumahaja nya gaada kegiatan, kamu bisa mencoba membuat tanaman hidroponik depan rumah dengan bahan pipa air.  Semoga bermanfaat!

Aku imut Kata orang sih aku imut dan memang begitu adanya ^_^

0 Response to "Beberapa Jenis Fitting Pipa dan Kegunaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel